cara mudah beternak burung murai

Terdapat banyak langkah yang butuh di perhatikan untuk seseorang peternak saat sebelum mengawali usaha burung murai batu,

gambar cara berternak murai batu
 Beberapa tips dalam beternak murai seperti berikut :
1. Persiapan Lokasi
Memastikan tempat kandang yaitu hal pertama yang butuh Anda cermati. Lantaran tempat yang nyaman mempermudah burung menyesuaikan serta terlepas dari kemungkinan stress. Kriteria tempat yang baik untuk beternak murai mencakup :
Penentuan tempat kandang yang tenang serta nyaman.
Jangan pilih tempat seperti dekat dengan pabrik, bengkel, maupun terlampau bising dengan hilir mudik kendraan bermotor.
Lokasi yang ideal baiknya juga mesti aman dari ganguan binatang liar ataupun pencuri,
Sebaiknya tempat kandang yakni ada didekat rumah baik dihalaman samping, depan maupun belakang, dan dapat pula menyewa tempat untuk pembuatan kandang ternak murai.
Usahakan ditempat untuk penangkaran tak ada burung lain yang bisa menggagu serta bahkan juga bikin burung mejadi geram serta tidak ingin bereproduksi
2. Pembuatan Kandang Ternak Murai batu
Untuk mendesain dan mendekorasi kandang anda dapat melakukanya sesuai sama hasrat anda, walau demikian ada bebarapa hal yang butuh di perhatikan dalam pembuatan kandang dalam beternak murai.
Langkah pertama bentuk kandang sesuai sama tempat yang sudah anda siapkan pada awal mulanya, dengan ukuran minimum P 90 L 90 T 180 cm, maupun bisa sesuai dengan hasrat anda.
Bentuk kandang yang baik yakni mempunyai basic segera dengan tanah atau dapat pula dengan pasir yang sedikit digabung dengan kapur, berperan untuk mengontrol keasaman kotoran yang bisa mengakibatkan kandang jadi lembab yang menyebabkan banyak penyakit.
Kandang mesti disekat di buat dengan tembok, triplek atau penyekat lainya, supaya suhu di dalam kandang terus terbangun serta terlepas dari ganguan tikus ataupun burung lainya.
Dalam pembuatan kandang untuk ternak murai mesti diberikan ruangan terbuka untuk kandang beroleh penyinaran cahaya matahari yang tutup dengan strimin, lantaran penyinaran sangatlah baik untuk mejaga kesehatan burung.
Upayakan kandang terlindung dari hembusan angin yang kencang, lantaran hal semacam ini bakal melindungi kenyamanan burung jadi tak gampang kaget.
Kandang yang baik baiknya diberikan aliran air untuk minum burung, diluar itu dengan andanya aliran air bisa bikin burung jadi makin nyaman seperti di alam bebas.
Sediakan sarang untuk tempat bertelur burung. Sarang yang disiapkan usahakan janganlah cuma satu jenis tetapi baiknya siapkan 2-3 jenis. Hingga burung dapat pilih sarang mana yang pas untuk burung itu.
Untuk melindungi suhu ketika musim hujan, di dalam kandang disiapkan lampu ukuran 5-10 watt yang berperan sebagai penerangan pada malam hari.
3. Penyipan Induk Murai Batu
Pilih induk murai batu yang baik tak mesti yang harga nya mahal, tetapi melatih pengalaman beternak murai butuh dikerjakan dengan cara bertahap tak perlu pikirkan mesti mempunyai induk yang trah juara. Biarlah pengalaman beternak murai bikin anda makin memahami bagaimanakah pola serta cara yang pas. Kemudian barulah anda mulai berubah sedikit untuk sedikit kekualitas burung murai.
Beberapa cara pilih induk murai batu juga sebagai di bawah ini :
a. Indukan Pejantan
Pilih burung murai yang telah jinak atau tak takut dengan hadirnya manusia, lantaran burung yang jinak bakal lebih gampang untuk menangkarnya, tak seperti burung murai batu tangkapan rimba yang masih tetap mesti penyesuaian diluar itu juga tingkat setress burung cukup tinggi hingga sedikit susah untuk jadikan indukan.
Untuk pilih induk dianjurkan di ambil dari peternak atau hasil penangkaran hal semacam ini bakal mempermudah anda memulai usaha beternak murai.
Pilih pejantan dengan usia kian lebih 2 th. umumnya dengan umur itu burung telah lebih masak untuk bereproduksi.
Pejantan yang baik, tak mempunyai cacat fisik baik pada kaki, sayap, kepala, mata maupun di bagian lainya.
Pilih pejantan yang dalam situasi sehat, mempunyai napsu makan kuat, bergerak lincah, bulu tak kusam. Lantaran burung yang sehat akan makin gampang untuk diternakan.
b. Indukan Betina
Burung induk betina mempunyai umur yang usianya telah siap untuk betina pakai betina umur kian lebih 1 th., pada betina yang pertama kali bertelur terkadang telur tak menatas hal semacam itu lumrah karenanya adalah telur pertama kali.
Pilih betina yang sehat juga, lincah bergerak serta napsu maka dari itu banyak. janganlah tentukan burung yang memilki tubuh kurus, itu mengisyaratkan burung kurang sehat, sangatlah riskan kematian jadi harus anda jauhi.
Untuk induk betina yang baik sama juga dengan pejantan yakni tentukan yang jinak tak takut dengan manusia yang didapat dari hasil penangkaran. Pada betina yang jinak umumnya sistem pengeraman telur dapat jalan dengan baik, lantaran burung tak gampang kaget disebabkan kehadiran anda waktu berikan pakan.
Kadang ada yang merekomendasikan tentukan betina dengan warna yang keabu-abuan itu bagus juga, tetapi sebenernya hal itu bukanlah jadi aspek terpenting dalam pilih betina yang berkwalitas.
Dan yang paling akhir yang pasti janganlah pilih induk betina yang cacat fisik, baik pada sayap, kepala ataupun pada kakinya.
4. Pemberin pakan burung
Cara beternak burung murai batu yang baik, jadi Anda mesti memerhatikan pakan alami pada burung murai, yang berbentuk serangga seperti jangkrik, cacing, ulat hongkong UH dan telur semut rangrang (kroto). Waktu burung telah dimasukan kandang ternak pakan alami baiknya senantiasa ada kian lebih 2-3 type makanan.
Kandugan pakan yang berkwalitas yakni pakan alami di mana burung murai ini dapat memerlukan kandungan vitamin, karbihidrat, protein, mineral yang ada dari pakan yang didapatkan hingga merangsang hormon birahi baik pejantan ataupun betina.
Pemberian penambahan pakan seperti voer juga mesti disiapkan supaya melindungi burung terus tesedia pakan, lantaran ketika pakan seperti serangga tak kehabisan di kios pakan burung, murai batu terus dapat diberikan makanan pokok yakni voer.
5. Pemeliharaan Anakan Murai Batu
Pemeliharaan anakan burung murai waktu burung masih tetap kecil sangatlah dibutuhkan, terdapat banyak perlakuan dalam beternak burung murai supaya anakan terlepas dari kematian.

gambar cara beternak murai batu
Cara Beternak murai batu kelihatannya gampang, tetapi ketekunan serta kesabaran mesti betul-betul Anda punyai. Lantaran kesuksesan itu tidaklah instan, tetapi perlu sistem. Jadi waktu burung yang anda ternak belum produksi dalam kurun saat 5-6 bln. itu lumrah, tak ada peternak yang mendadak sukses seluruhnya bermula dari ketekunan dalam usaha. Selamat coba….